Hal-hal yang Perlu Dipahami dari Perubahan Daftar Harta

Dengan memahami aliran sumber penghasilan dan pengeluaran untuk konsumsi, maka Wajib Pajak akan lebih mudah menjelaskan penyebab terjadinya perubahan daftar harta yang ada dalam lampiran SPT WPOP-nya.

Jika pada saat pemeriksaan kemudian diketahui/ditemukan adanya perubahan harta dan sisi lain WP tidak dapat membuktikan bahwa harta tersebut berasal dari penghasilan yang telah dikenai pajak atau berasal dari penghasilan yang tidak dikenai pajak, maka risikonya aparat pemeriksan bisa beranggapan bahwa WP mempunyai tambahan penghasilan yang baru yang belum dikenai pajak.

Atas anggapan ini, WP bisa menunjukkan bukti-bukti yang kuat atas perolehan harta dan pembuktian ini perlu dipersiapkan sejak dini. Artinya dokumen-dokumen perolehan harta harus disimpan dengan baik oleh WP.

Untuk menyiapkan semua dokumen pendukung atas setiap transaksi pembelian aktiva dibutuhkan kesadaran akan pentingnya administrasi di masa mendatang. Dengan demikian WP memiliki bukti yang kuat atas perolehan harta yang nantinya akan dilaporkan dan dilampirkan dalam SPT WPOP.

Bila terdapat indikasi terjadinya penggelapan penghasilan dan atau tindak pidana di bidang perpajakan yang menimbulkan kerugian negara. Bila sampai ke tahap ini, maka upaya-upaya pembuktian yang harus dilakukan oleh WP akan menjadi lebih sulit.

Oleh karena itu sebelum dianggap melakukan tindak pidana perpajakan, WP secara normatif bisa melakukan pembetulan SPT yang sudah terlanjur dimasukkan dan diisi tidak dengan semestinya. Walaupun tidak berdampak pada penghitungan pajak terutang, WP harus merevisi daftar harta dan kewajiban sesuai dengan data akhir tahun.

konsultanpajak-aaa.com konsultan-pajak.co.cc aris-aviantara.blogspot aviantara.wordpress

 


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: