Konsultan Pajak Liar Akan Ditertibkan

Bisnis Indonesia, 2 Desember 2008

JAKARTA: Direktorat Jenderal Pajak akan memperketat pengawasan terhadap konsultan pajak di Indonesia, mengingat masih banyaknya konsultan pajak liar yang tidak bersertifikat.
Direktur Jenderal Pajak Departemen Keuangan Darmin Nasution mengatakan untuk menertibkan konsultan pajak pemerintah akan mengeluarkan peraturan baru yang secara jelas mengatur hak, kewajiban, serta sanksi bagi profesi ini.
Konsultan pajak liar tersebut biasanya menjadi penghubung antara WP dan aparat petugas pajak. “Kalau tidak dibenahi ini [masalah konsultan liar] bisa jadi bagian dari persoalan di kemudian hari,” tegasnya, kemarin.
Mulai tahun depan, jelasnya, Ditjen Pajak akan melakukan pendaftaran ulang terhadap seluruh konsultan pajak di Indonesia. “Saat ini kami sedang mengkaji peraturan tersebut,” tambahnya.
Menurut Darmin, selama ini Ditjen Pajak mengalami kesulitan dalam mengawasi perilaku konsultan pajak karena banyak orang yang tidak punya sertifikat konsultan pajak tetapi berprofesi sebagai konsultan pajak.
Ketua Departemen Luar Negeri Ikatan Konsultan Pajak Indonesia (IKPI) Prijohandoyo Kristanto menyambut baik rencana Ditjen Pajak tersebut. Dia menganggap penertiban tersebut merupakan bagian dari reformasi perpajakan.
“Justru lebih baik kalau ketat biar nggak sembarangan orang jadi konsultan,” katanya kepada Bisnis.
Menurutnya, memang selama ini Ditjen Pajak kurang dalam memberikan pengawasan terhadap konsultan pajak sehingga memberikan peluang bagi praktik-praktik konsultan pajak liar.
Prijohandojo mengungkapkan saat ini ada sekitar 2.000 konsultan pajak yang terdaftar dalam IKPI.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: