BPHTB atas Warisan

Dalam Undang-undang Nomor 20 Tahun 2000, perolehan hak atas tanah dan atau bangunan karena adanya pemindahan hak berupa hibah wasiat atau waris merupakan objek Bea Perolehan Hak atas tanah dan atau Bangunan (BPHTB).

Yang dimaksud dengan pemindahan hak berupa hibah wasiat atau waris adalah pemindahan hak karena adanya pewarisan atau hibah wasiat yang diterima orang pribadi yang masih dalam hubungan keluarga sedarah dalam garis keturunan lurus satu derajat ke atas atau satu derajat ke bawah dengan pemberi hibah wasiat, termasuk suami/istri.

BPHTB atas pemindahan hak karena hibah wasiat atau waris tersebut harus dilunasi oleh penerima warisan sebesar 50% dari BPHTB yang seharusnya terutang. Yang dimaksud dengan BPHTB yang seharusnya terutang adalah perkalian dari tarif sebesar 5% dengan Nilai Perolehan Objek Pajak Kena Pajak (NPOPKP).

NPOPKP diperoleh dari pengurangan antara Nilai Perolehan Objek Pajak (NPOP) dengan Nilai Perolehan Objek Pajak Tidak Kena Pajak (NPOPTKP). NPOP karena waris dan hibah wasiat adalah nilai pasar pada saat didaftarkannya perolehan hak tersebut ke Kantor Pertanahan Kabupaten/Kota. Apabila nilai pasar lebih rendah daripada Nilai Jual Objek Pajak (NJOP) Pajak Bumi dan Bangunan (PBB), maka NPOP yang digunakan sebagai dasar pengenaan BPTHB adalah NJOP PBB pada tahun terjadinya perolehan.

NPOPTKP untuk hibah wasiat atau waris, ditetapkan secara regional paling banyak Rp 300.000.000,- (tiga ratus juta rupiah). Jadi bila seseorang memperoleh hibah wasiat atau waris berupa tanah dan atau bangunan kurang dari Rp 300.000.000,- dan besaran NPOPTKP di Kabupaten/Kota tersebut adalah Rp 300.000.000,-, maka orang tersebut semestinya tidak perlu membayar BPTHB. Alasannya, tidak ada BPTHTB yang terutang atas pengalihan hak tersebut.

konsultanpajak-aaa.com konsultan-pajak.co.cc aris-aviantara.blogspot aviantara.wordpress

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: