Tabungan Dan Deposito, Objek Pemeriksaan Pajak?

Tabungan dan Deposito Berjangka – apapun bentuknya dan siapa pun bank yang menyelenggarakannya – merupakan salah satu bentuk investasi dan penyimpanan dana yang relatif aman.

Selain aman, Tabungan dan Deposito Berjangka juga merupakan salah satu bentuk investasi yang cukup menguntungkan dan mudah terutama bagi pihak-pihak yang kurang lihai dalam memutar uang cenderung konservatif serta tidak memerlukan analisis yang berbelit-belit.

Dan ternyata, masih ada keuntungan lain dari membuka rekening Tabungan atau Deposito Berjangka. Konon kabarnya menurut Keputusan Presiden Nomor 68 Tahun 1983 dan Surat Edaran Dirjen Pajak Nomor SE-07/PJ.4/1996 terhadap Tabungan dan Deposito Berjangka lainnya tidak dilakukan pengusutan perpajakan (fiskal).

Kedua peraturan tersebut secara tegas mengatakan bahwa petugas pajak tidak diperkenankan untuk melakukan pengusutan atau pemeriksaan terhadap asal-usul dari dana yang disimpan dalam bentuk deposito atau tabungan tersebut.

Demikian pula petugas pajak tidak diperkenankan untuk melakukan pemeriksaan atas kebenaran pengisian data atau angka berupa bunga deposito tersebut dalam lampiran III SPT Tahunan PPh

Cuma yang menjadi pertanyaannya adalah, apakah kedua peraturan yang tersebut di atas masih berlaku atau tidak?

konsultanpajak-aaa.com konsultan-pajak.co.cc aris-aviantara.blogspot aviantara.wordpress

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: