Retur BKP

Pada prinsipnya, atas pengembalian BKP yang telah dijual (retur) yangdilakukan oleh pembeli BKP akan mengurangi Pajak Keluaran bagi PKP Penjual, sepanjang Faktur Pajak atas penyerahan BKP tersebut telah dilaporkan dalam SPT Masa PPN.

Apabila terjadi pengembalian BKP, maka pembeli harus membuat dan menyampaikan Nota Retur kepada PKP Penjual, di mana Nota Retur tersebut dibuat sekurang-kurangnya dalam rangkap 2 (dua) yaitu satu untuk PKP Penjual dan satu lagi untuk arsip pembeli.

Nota Retur harus dibuat dalam masa pajak yang sama dengan masa pajak terjadinya pengembalian BKP dan pengurangan Pajak Masukan, atau pengurangan harta atau pengurangan biaya oleh pembeli dilakukan dalam masa pajak dibuatnya Nota Retur.

Sedangkan bagi pihak penjual, pengurangan PPN dan PPn BM dilakukan dalam masa pajak yang sama dengan masa pajak dibuatnya Nota Retur. Apabila Nota Returbelum dapat diperhitungkan dalam masa pajak yang sama dengan masa pajak dibuatnya Nota Retur (Misal: karena keterlambatan pengiriman Nota Retur oleh pembeli), maka Nota Retur dapat diperhitungkan dalam masa pajak diterimanya Nota Retur.

Perlu diketahui, apabila atas pengembalian BKP (retur) tersebut diganti dengan BKP yang sama, baik dalam jumlah phisik, jenis maupun harganya oleh PKP Penjual, maka pengurangan tidak dilakukan.

konsultanpajak-aaa.com konsultan-pajak.co.cc aris-aviantara.blogspot aviantara.wordpress

 


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: